Resep Sayur Asem Jabar Mudah Dibuat di Rumah : Nobar

Resep Sederhana Sayur Asem Jabar

Sayur asem merupakan olahan sederhana yang kaya akan manfaat bagi tubuh, agar cukup mudah dengan resep sayur asem khas Jawa Barat.   Sayuran ini diolah dari berbagai sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh Anda mulai dari terong hingga kacang-kacangan.

Sayuran asem memiliki rasa asam, dan terkadang beberapa orang melakukannya dengan sedikit lebih pedas. Sayuran asem ini banyak ditemukan di mana-mana di Indonesia, namun yang populer adalah dari Jawa Barat. Makanan ini sudah ada sejak puluhan tahun pada masa penjajahan Belanda.

Dengan rasa yang menyegarkan dan lezat, sayuran ini cocok sebagai teman nasi. Sebelum Anda mengetahui cara melakukannya dengan resep sayur asem khas Jawa Barat , kenali dulu pilihan sayuran segar. Dengan kualitas sayuran segar, tidak hanya rasanya yang enak, tetapi manfaatnya juga akan lebih terasa.

Mengetahui cara memilih sayuran segar untuksayuran

Membuat sayuran asem dengan resep sayur asem Jawa Barat membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas, salah satunya sayuran. Sayuran merupakan bahan dasar untuk membuat sayur ini. Karena pada dasarnya makanan ini merupakan kombinasi dari beberapa sayuran.

Pemilihan jenis sayuran dengan kualitas yang baik sangat penting. Sayuran segar berkualitas sangat baik untuk tubuh Anda. Tenang, Anda tidak perlu khawatir salah memilih sayuran dengan mengikuti beberapa ciri khas sayuran dengan kualitas segar.

  1. Warna sayuran berwarna cerah.

Ketika Anda ingin membeli bahan-bahan untuk membuat sayuran, pastikan untuk memilih bahan tanaman berwarna cerah karena menunjukkan bahwa mereka masih segar. Di sisi lain, ketika Anda menemukan sayuran yang sedikit berwarna pucat dari warna aslinya, jangan membelinya karena kualitasnya buruk.

  1. Pilih yang daunnya tidak layu.

Saat memilih sayuran berdaun, pastikan untuk memperhatikan kesegarannya dilihat dari daunnya apakah masih rapat atau belum. Jika daunnya sedikit layu atau sangat mudah terjerat, itu menandakan bahwa daunnya tidak lagi berkualitas baik.

  1. Itu tidak mengeluarkan bau.

Salah satu karakteristik sayuran berkualitas baik adalah tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sebaliknya, jika kualitasnya tidak berkualitas baik, biasanya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu, biasanya sayuran juga akan ditandai lunak jika kualitasnya sudah buruk.

  1. Pilih sayuran yang berlubang.

Sayuran berongga tidak berarti berkualitas buruk, tetapi mereka menunjukkan bahwa sayuran tersebut bebas pestisida. Pestisida adalah bahan kimia untuk menghilangkan hama, pada manusia zat pestisida ini berbahaya dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti iritasi kulit hingga kanker.

Resep Sayur Asem Jabar Mudah Dibuat di Rumah

Membuat makanan dengan resep sayur asem Jawa Barat adalah hal yang tepat untuk dilakukan jika Anda sedang ingin belajar memasak dan saat Anda menabung. Cara membuat makanan ini sangat sederhana sehingga cocok dijadikan menu utama untuk belajar memasak.

Makanan berkuah ini merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Nah, untuk mencoba membuat makanan ini tidak perlu khawatir karena terkadang di warung atau pasar tradisional mereka menawarkan paket sayuran untuk sayuran asam. Untuk rasa yang enak, berikut resep sayur asem jawa barat.

Bahan yang harus disiapkan:

  1. Labu siam irisan buah yang dipotong dadu terlebih dahulu.
  2. Potong kacang secara miring.
  3. Jagung satu potong menjadi dua.
  4. 4 buah melinjo atau disesuaikan kebutuhan.
  5. Melinjo pergi secukupnya.
  6. 45 gram kacang tanah direbus sampai empuk.
  7. Asam jawa 1 paku.
  8. Siram secukupnya.
  9. Garam dan gula hanya menyesuaikan.

Bumbu dihancurkan terlebih dahulu:

  1. Lima gigi bawang merah.
  2. Dua siung bawang putih.
  3. Tiga paprika merah.
  4. Satu sendok teh terasi udang atau hanya setengah potong.
  5. Tiga biji kenari telah dipanggang.

Bagaimana cara melakukannya:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci semua bahan dengan baik agar lebih higienis. Kemudian didihkan airnya. Tempatkan semua bahan seperti lengkuas, labu siam dan lainnya dalam panci berisi air matang sampai semua bahan matang. Sederhana dan mudah.

Saat Anda menggunakan resep sayur asem Jawa Barat di atas hanya dalam waktu 45 menit, Anda bisa menghasilkan sayuran tersebut selama 5 porsi. Makanlah sayur asem ini dengan nasi atau tambahkan tempe agar rasanya seperti makanan khas Sunda.

Resep sayur Beef Asem

Seiring dengan perkembangan era makanan khas dengan sayuran ini memiliki variasi yang beragam, salah satunya adalah penggunaan daging sapi. Saat membuat sayuran dengan tambahan daging sapi, tentu rasanya akan lebih bervariasi, rasa daging sapi yang gurih bisa membuat nafsu makan Anda meningkat.

Cara membuatnya hampir sama dengan resep sayur asem khas Jawa Barat , hanya bedanya daging yang ditambahkan. Jangan bingung, berikut resep daging lezat dan sayuran thunder asem mudah dibuat di rumah.

Bahan:

  1. Daging sapi 250 gram atau disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Labu siam dipotong dadu terlebih dahulu.
  3. 3 Potong kacang dihilangkan.
  4. Jagung dipotong menjadi dua.
  5. 3 potong melinjo atau secukupnya.
  6. 2 daun melinjo.
  7. 40 gram kacang tanah direbus sampai empuk.
  8. Asam jawa 1 paku.
  9. Siram secukupnya.
  10. Garam dan gula secukupnya.

Bumbu:

  1. 4 gigi bawang merah.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. 3 potong paprika merah atau secukupnya.
  4. Setengah potong terasi udang.
  5. 4 butir kenari dipanggang.

Bagaimana cara melakukannya:

Langkah pertama adalah mencuci semua bahan terlebih dahulu, terutama daging sapi. Rebus daging terlebih dahulu agar empuk, rebus selama sekitar 2 menit lalu tiriskan. Selanjutnya, panaskan air dengan panci, gunakan api kecil. Kemudian masukkan semua bumbu serta bahan lainnya. Jangan lupa daging sapi taruh juga, tunggu sekitar 25 menit.

Manfaat Kesehatan Dari Asem Vegetal

Makanan khas dengan sayuran ini selain rasanya yang enak ternyata memiliki manfaat yang tak ada habisnya. Manfaat ini sangat baik untuk tubuh Anda. Membuat sayuran asem dengan asam jawa memiliki berbagai manfaat seperti batuk, sariawan, keputihan dan masih banyak lagi.

Selain asem Jawa, kacang-kacangan yang terdapat dalam makanan ini juga memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah. Jadi ketika Anda menderita masalah diabetes, makanan ini sangat cocok untuk menjaga gula darah normal. Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi makanan ini.

Kehadiran melinjo dalam makanan khas Jawa Barat bermanfaat untuk antioksidan, perlindungan radikal bebas dan masih banyak manfaat kesehatan lainnya. Selain itu, jagung dalam sayuran asem memiliki banyak manfaat berkat kandungan vitaminnya yang melimpah.

Tak hanya itu, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi sayuran segar ini. Semua bahan makanan ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, jadi ketika harus mengkonsumsinya selain enak juga menyehatkan.

Mengonsumsi makanan ini secara teratur dua kali seminggu dapat memberi Anda berbagai manfaat kesehatan. Sayuran dalam makanan ini membuat manfaatnya meningkat. Agar rasa makanan ini lebih nikmat, gunakan resep sayur asem khas Jawa Barat.

 

Read More :